Barcelona Juara La Liga 2017-18 Sekaligus Catat Rekor

19

 Barcelona memastikan diri tampil sebagai juara La Liga musim 2017/18 usai mengalahkan Deportivo La Coruna dengan skor 4-2 pada laga pekan ke-34, Senin (30/4) dinihari WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Riazor itu, Lionel Messi menjadi bintang dengan mencetak hat-trick (32′, 82′, 85′) dan Philippe Coutinho menyumbangkan satu gol Barcelona lainnya di menit ke-7. Sedangkan dua gol balasan Deportivo dicetak oleh Lucas Perez (40′) dan Emre Colak (64′).

Berkat kemenangan ini, Barcelona mengoleksi 86 poin hasil 34 pertandingan, dan unggul 11 poin dari rival terdekatnya Atletico Madrid. Dengan sisa tiga pertandingan, Atletico Madrid sudah tidak mungkin lagi bisa mengejar perolehan Blaugrana.

Ternyata tak hanya gelar juara yang diraih Barcelona dalam laga tadi. Mereka juga mencatat rekor sebagai tim pertama di abad 21 yang berhasil mengunci gelar La Liga ketika masih menyisakan empat pertandingan. Demikian menurut catatan situs statistik Opta.

Advertisement

Gelar ini juga semakin menegaskan dominasi Barcelona dalam satu dekade terakhir. Mereka kini mengoleksi tujuh trofi juara La Liga dalam 10 tahun, atau gelar juara liga yang ke-25 sepanjang sejarah klub.

Sebuah rekor lain masih bisa dicapai Barca di penghujung musim. Mereka berpotensi besar menyudahi musim ini dengan rekor tidak terkalahkan alias invincible, yang akan menjadi sejarah di kompetisi liga Spanyol.

Sementara itu, Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah La Liga yang berhasil menorehkan 30 gol lebih setiap musim dalam tujuh musim berbeda. Kini Messi sudah mengemas 32 gol liga di musi ini.

Comments are closed.