Maroko Kalah! Piala Dunia 2026 Dilangsungkan di Amerika, Kanada, Meksiko

13

Berita Terbaru Siap-siap untuk traveling ke banyak kota di Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko, setelah FIFA lima menit lalu baru saja memutuskan bahwa Piala Dunia 2026 dilangsungkan di Amerika Utara.

Maroko hanya memperoleh 33% suara saja dalam voting dari semua member FIFA yang dilangsungkan di Zurich, Swiss, pada Rabu siang waktu setempat, dengan tiga negara Amerika Utara itu berhasil memenangkan bidding mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Dalam siaran langsung BBC pada pukul 17.50 WIB Presiden FIFA mengumumkan tuan rumah bersama Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko memenangkan usaha mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Ini untuk pertama kalinya Piala Dunia kembali ke Amerika Utara untuk pertama kalinya sejak 1994 yang membawa banyak peluang turis, pendapatan baru, dan, mungkin yang terpenting, rekor 11 miliar US dollar dalam keuntungan untuk FIFA, badan sepakbola dunia.

Advertisement

Tawaran Amerika Utara mengalahkan penantangnya satu-satunya, Maroko, dengan perbandingan suara 134 banding 65. Dan ini merupakan kali kelima Maroko kalah dalam usaha mereka menjadi tuan rumah. Salah satu alasan kekalahan adalah negara Afrika Utara itu harus membangun terlalu banyak stadion baru.

Ini akan menjadi pertama kalinya Piala Dunia diselenggarakan oleh tiga negara, tetapi sebagian besar turnamen akan berada di Amerika Serikat. Dari 80 pertandingan, 10 akan diadakan di Kanada, 10 di Meksiko dan 60 di Amerika Serikat termasuk final, di Stadion MetLife di New Jersey.

Terakhir kali Piala Dunia dilangsungkan di Amerika Utara adalah ketika Amerika Serikat menjadi tuan rumah pada tahun 1994. Acara ini diadakan di Meksiko pada tahun 1970 dan 1986, dan Kanada tidak pernah menjadi tuan rumah sebelumnya.

Pemungutan suara Rabu melihat Amerika Utara memperoleh gelombang dukungan dari negara-negara Amerika, Eropa dan Asia, ditambah beberapa suara pengkhianat dari Afrika.

Comments are closed.